Blog ini menceritakan aktivitasku di kelas matematika bersama murid-murid, dan hal-hal lain yang berkaitan dengan matematika.
Minggu, November 20, 2011
Tes Bangun Datar (Segiempat) bagian I
27 Mei 2011
Kegiatan ini terlaksana karena keinginan saya yang sangat besar untuk melaksanakan tes se-obyektif mungkin. Obyektif disini berarti, murid-murid dapat mengerjakan soal tes secara mandiri, tanpa bantuan (bekerja sama) dengan siapapun, teman sebangku, atau pun teman yang duduk di depan/belakang/samping mereka. Namun suasana pelaksanaan tes tidak menegangkan atau pun mencekam karena harus diawasi oleh guru, sebaliknya menyenangkan, sehingga siswa tidak merasa bahwa mereka sedang melaksanakan tes.
Selama dua hari saya menyiapkan tes ini, dengan harapan tes berjalan dengan baik tanpa kendala, sesuai dengan apa yang sudah saya khayalkan. Mula-mula saya membuat guntingan-guntingan kertas yang berbentuk persegi, persegi panjang, jajar genjang, belah ketupat dan layang-layang. Sengaja saya memilih kertas berwarna mencolok, agar menarik perhatian murid-murid. Pada setiap guntingan kertas, saya menuliskan soal sesuai dengan bentuknya. Kertas berbentuk persegi, berisi soal tentang persegi, kertas berbentuk jajar genjang berisi soal tentang jajar genjang, dan seterusnya. Setiap jenis soal, dibuat sebanyak 1/3 dari jumlah siswa dengan tingkat kesulitan yang sama (sesuai dengan kisi-kisi yang sudah dibuat).
Selain menyiapkan soal tes, saya juga menyiapkan lembar jawaban untuk masing-masing anak sebanyak jumlah soal. Kertas-kertas itu diberi nomor 1, 2, 3, 4,dan 5 (soal tes sebanyak 5).
Sebelum tes dimulai, lembar jawaban dibagikan kepada murid-murid, masing-masing menerima lima lembar jawaban yang sudah ada nomornya 1 - 5. Setelah murid-murid memberi identitas pada stiap lembar jawaban, barulah soal tes dibagikan.
...(bersambung)
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar